Pemanfaatan domain pada era internet dan mobile ini sudah menjadi hal yang umum. Namun memilih nama domain bukan perkara mudah. Selain harus memastikan namanya mudah diingat, pengguna juga harus bersaing dengan yang lainnya untuk segera mendapatkan nama domain yang diinginkan.
Hal pertama yang bisa dilakukan seseorang saat mendaftarkan nama domain yaitu memilih ekstensi domain yang cocok untuk bisnis atau kebutuhan pengguna. Lalu, bagaimana Anda dapat melakukan ini dan memanfaatkan kegunaannya dengan maksimal?
1.Gunakan pengubah
Jika ide awal untuk nama domain sudah ada yang menggunakannya, maka pertimbangkan untuk menggunakan kata pengubah. Jika nama domain yang akan digunakan adalah untuk bisnis, tambahkan kata-kata yang menggambarkan pekerjaan Anda atau tentang perusahaan Anda. Misalnya seperti konstruksi, kedokteran gigi, mitra atau rekan. Kemungkinan yang ada tidak terbatas.
2. Masukkan lokasi
Dewasa ini terdapat banyak bisnis yang beroperasi lokal dan melayani wilayah geografis lain secara spesifik.
Maka, menyertakan informasi ini di dalam nama domain dapat membantu membuat website Anda lebih relevan secara lokal serta akan menunjukkan, Anda bangga menjadi bagian dari komunitas pada lokasi tersebut. Nama domain .com yang terasosiasi dengan lokasi akan meningkatkan jumlah pencarian secara organik.
3. Tambahkan kata kunci
Penelitian terbaru dari Verisign dan comScore mengungkapkan, memiliki nama domain yang kaya akan kata kunci dapat membantu mendapatkan lebih banyak klik. Hal ini karena pengguna pencarian internet hampir dua kali lebih mungkin untuk mengklik nama domain yang setidaknya memiliki salah satu kata kunci yang sering digunakan para pengunjung, dibandingkan dengan nama domain yang tidak memiliki kata kunci.
4. Cara unik untuk mem-branding bisnis
Banyak perusahaan sukses muncul dengan nama unik dengan menambahkan atau menghilangkan sebuah huruf dari kata yang umum, seperti yang telah dilakukan oleh Tumblr dengan menghilangkan huruf ‘e’ pada kata ‘tumbler’.
Cara lain adalah dengan mengombinasikan dua kata umum atau menggabungkan dua kata menjadi satu, misalnya seperti yang dilakukan oleh Facebook dan Instagram. Menggunakan kata-kata umum dalam konteks baru juga bisa menarik perhatian khalayak online seperti yang dilakukan oleh Yahoo.
Berpikir kreatif dapat membuka banyak pilihan kepada nama domain .com yang ada yang dapat membantu Anda menonjol. Inilah yang dilakukan para pelaku usaha online di Indonesia seperti vendor inspirasi pernikahan Bridestory, dan perusahaan jam tangan lokal, Matoa.
5. Tanya ke pelanggan apa yang sering diketik dalam mesin pencarian
Sebagai contoh, sebuah bisnis layanan kebersihan asal Jakarta bernama ‘BersihFitri’, tetapi nama domain yang digunakan untuk memasarkan usaha tersebut adalah ‘jasa pembersih rumah jakarta.com’, sebuah frasa yang mudah diingat yang akan lebih mungkin dicari oleh orang dan membawa mereka ke bisnis Anda.
6. Gunakan media sosial Anda
Banyak orang dan bisnis memulai perjalanan digital mereka di media sosial. Coba gunakan branding yang sama dengan nama domain .com yang telah dikenali oleh khalayak Anda. Arahkan nama domain Anda ke website atau laman media sosial yang sesuai dengan nama domain Anda, seperti mengarahkan batik pekalongan.com ke akun Twitter batik pekalongan.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar